Minggu, 02 Desember 2012

PERINGKAT PENDIDIKAN INDONESIA

Sukro Muhab, ketua umum JSIT Indonesia, menjelaskan mutu pendidikan di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Hal ini, katanya, terlihat dari menurunnya peringkat Indonesia dalam HDI (Human Development Index) pada  tahun 2011 dari peringkat ke 111 dari 182 negara ke peringkat 124 dari 187 negara.
"HDI mengukur peringkat suatu negara dalam bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan ekonomi. Menurunnya peringkat Indonesia tersebut khususnya dalam bidang pendidikan menjadi salah satu faktor  yang menyebabkan sekolah-sekolah Indonesia belum dapat bersaing dalam tataran global," katanya, Minggu (23/9).

Kondisi ini terjadi karena tidak jelasnya arah pendidikan di Indonesia, kualitas manajemen pendidikan yang rendah dan aspek-aspek lainnya yang kurang terperhatikan dengan baik.
"Oleh karena itu, kita selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah melalui  berbagai macam kegiatan yang bertujuan memformat model pendidikan yang berorientasi pada jaminan mutu. Langkah ini guna memberikan kepercayaan yang tinggi kepada masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah Islam terpadu (SIT)," papar Sukro.
Peningkatan mutu SIT, jelas pendidik yang juga Direktru Pusat Peragaan Iptek Kemenristek ini, diharapkan dapat mengantarkan siswa sesuai dengan tujuan diciptakannya manusia di muka bumi yaitu menjadi insan yang rajin beribadah, berpola pikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tujuan penciptaan manusia, Khalifatul Fil Ardh (pemimpin di muka bumi).
sumber: suara merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar